Energipos.com/Tambang/Bisnis

shadow

PT Freeport Terancam Tidak Bisa Ekspor Konsentrat

ENERGIPOS.COM, Jakarta--Izin ekspor konsentrat tembaga PT Freeport Indonesia (PTFI) akan berakhir besok. Pemerintah masih menunggu perkembangan terakhir pemenuhan  persyaratan untuk memberi perpanjangan.

Seperti diketahui bahwa ijin ekspor konsentrat tembaga PT Freeport Indonesia diberikan selama 6 bulan dan kemudian dapat diperpanjang. Namun untuk mendapatkan rekomendasi perpanjangan ijin ekspor dari Kementerian ESDM, sebagai dasar Kementerian Perdagangan mengeluarkan surat ijin ekspor, PTFI harus melaksanakan sejumlah persyaratan yang ditentukan Pemerintah.

Persyaratan itu antara lain adalah kewajiban PTFI untuk melaksanakan komitmennya membangun smelter. Nah, komitment yang masih ditunggu Pemerintah hingga hari ini (Jumat, 24/7) adalah kepastian penyiapan dana sisa sebesar USD 80 juta sebagai bentuk komitmen riil PTFI dalam membangun smelter.

“PT Freeport Indonesia masih harus menyerahkan sisa dana komitmen pembangunan smelter sebesar USD 80 juta” ungkap Menteri ESDM Sudirman Said, di kantornya hari ini (24/7). Apabila ijin ekspor tidak diberikan, akan menjadi persoalan besar bagi perusahaan karena berpotensi menurunkan produksi yang akan menurunkan pendapatan perusahaan.

Penerimaan pemerintah dari pajak dan royalti juga akan tergerus. Namun pemerintah sudah menyatakan ketegasannya kepada PTFI untuk mematuhi komitmen yang telah dibuat bila ijin ekspor ingin diperpanjang (bh). 

Baca Juga